PROFIL PESANTREN
AMANAH MUHAMMMADIYAH
I. SEJARAH SINGKAT
Muhammadiyah sebagai gerakan Islam
dan Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar dengan tujuannya yaitu menegakkan dan
menjungjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
Dalam mengahadapi abad ke-21 yang merupakan abad globalisasi dimana abad ke-21
tersebut ditandai dengan kemajuan ilmu dan teknologi, khususnya teknologi
informasi. Teknologi Informasi tersebut sudah tidak mengenal batas dan
penghalang antara satu negara dengan negara lainnya.
Pengaruh dari globalisasi
tersebut menciptkan pasar bebas yaitu perdagangan antar indvidu, antar bangsa
dan antar negara, sehingga individu atau bangsa yang tidak siap akan
tersisihkan dan tertinggal. Demikian pula pengaruh globalisasi terhadap
peradaban manusia khususnya budaya dan moral, sehingga umat manusia pada
umumnya dan khususnya umat Islam Indonesia makin lama makin jauh dari nilai-nilai
kemnausiaan yang haqiqi dan islami.
Menyikapi perkembangan tersebut Pimpinan
Daerah Muhammadiyah Tasikmalaya Majlis Pendidikan Dasar dan
Menengah pada Tahun 1990 berdasarkan hasil rapat kerja Pimpinan Daerah
Muhammadiyah Tasikmalaya merasa terpanggil untuk menghidupkan suatu lembaga
pendidikan pesantren yang dipadukan dengan pendidikan umum tingkat SMP dan SMA
dengan nama Pesantren Plus SMP-SMA Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya yang mulai
beroperasional secara resmi pada tahun 1998. Lembaga pendidikan tersebut
diharapkan dapat mempersiapkan peserta didiknya yang mampu bersaing pada pasar
bebas dan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang islami dalam
rangka mencapai maksud dan tujuan Muhammadiyah.
II. VISI, MISI dan TUJUAN
Visi, Misi, dan Tujuan dari
lembaga pendidikan Pondok Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya dirumuskan
dalam satu rumusan yang memungkinkan dapat menunjang pada tujuan
penyelenggaraan lembaga pendidikan tersebut. Visi, Misi dan Tujuan tersebut
adalah :
·
Visi
Pondok Pesantren Amanah Muhammadiyah
yang berlandaskan Al-Quran dan Al-Sunnah dengan watak tajdid menjadi Pondok
Pesantren unggulan di Tasikmalaya tahun 2014.
· Misi
1. Menyiapkan peserta didik yang beriman dan
bertakwa serta berakhlak mulia mempunyai kemampuan yang memadai dan beramal
menuju terwujudnya masyarakat utama yang diridhai Allah SWT.
2.
Mengamalkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu
pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka menegakkan dan menjunjung
tinggi agama Islam.
3.
Menjadikan Pondok Pesantren Amanah sebagai lahan
perkaderan ulama, pendidik, kader persyarikatan dan kader bangsa dalam rangka
melangsungkan dan menyempurnakan amal usaha Muhammadiyah.
· Tujuan
1. Menjawab tuntutan dan perkembangan masyarakat
yang menginginkan putra–putrinya dapat belajar di sekolah yang bermutu,
terbimbing agamanya bagi perannya pada masa datang, baik secara individual
yaitu menjadi hamba Allah yang taat sedangkan secaara kolegial mampu
menciptakan kemakmuran di muka bumi.
2.
Menampung anak–anak cerdas dan berbakat untuk
dikembangkan secara optimal sehingga tersedai Sumber Daya Manusia yang
berkualitas sebagai kaader ummat dan bangsa pada masa datang.
3.
Manjadikan arena pembinaan dan pembentukan kader inti
Muhammadiyah yang siap berkompetisi di segala bidang dalam era globalisasi,
dengan bekal pengetahuan agama, Iptek, keterampilan dan bahasa yang memadai.
4.
Menjadikan rujukan bagi sekolah–sekolah Muhammadiyah
khususnya dan Sekolah Swasta Islam ( SUSI ) pada umumnya.
5.
Mengembangkan bakat dan potensi individu secara
demokratis sesuai dengan undang-undang bahwa kemampuan individu dalam menyelesaikan
program kurikuler tidak terikat oleh waktu tetapi oleh kemampuan, sedangkan
bakat individu didorong dan disalurkan secara wajar (Program Akselerasi).
6.
Menjadikan arena pendidikan sebagai indikasi bagi
terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar- benarnya dengan prestasi amal usaha
( output ) pendidikan yang unggul.
7.
Menjadikan pusat penelitian dan pengembangan pendidikan
Muhammadiyah pada masa yang akan datang.
8.
Menjadikan tempat beramal (berbakti) dan mengembangkan
diri kader-kader persyarikatan di bidang pendidikan dan tidak menutup
kemungkinan dapat mengembangkannya di tempat-tempat lain pada pendidikan yang
diyakinnya tepat sesuai dengan keadaan.
9. Mendorong lahirnya
ulama cendekiawan muslim yang paripurna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar