Jumat, 20 Juli 2012

KEGIATAN

Setelah libur kenaikan kelas yang lamanya kurang lebih 3 minggu tepat pada tanggal 13 Juli 2012 para siswa lama SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah mulai masuk kembali ke asrama untuk memulai tahun ajaran baru 2012-2013 yakni kalas XI dan XII, namun untuk murid baru yaitu kelas X datang  pada tanggal 15 Juli  2012 sesuai denga kebijakan sekolah. Sebelum memulai tahun ajaran baru, para siswa kelas 3 atau kelas XII yang menjadi pengurus IPM ( Ikatan Pelajar Muhammadiyah ) cabang SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah mendahului kegiatan tahunan dengan MOPD ( Masa Orientasi Peserta Didik ) yang dimana mereka menjadi panitianya. Disini peserta didik baru dikenalkan dengan sekolah serta situasi yang terdapat di sekolah, serta dikenalkan pula kaka-kaka mereka yang nantinya akan membimbing mereka disamping para guru-guru dan ustadz pembina mereka di asrama. kegiatan MOPD ini berlangsung selama tiga hari lamanya dari tanggal 17-19 Juli 2012 dengan berbagai agenda didalamnya yang telah dirancang oleh para panitia yang terdiri dari guru-guru, ustadz pembina serta kaka-kaka pembina dari IPM cabang SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah. Kegiatan tahunan ini salah satunya diisi dengan pemberian materi tentang keagamaan, mulai dari Fiqih Ibadah serta yang lainya. Diharapkan dengan pengisian materi ini siswa dapat menyerap serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah maupun luar sekolah. Para siswa SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah sudah di-setting sejak awal masuk agar menjadi pribadi yang baik secara akhlak, mental juga kepribadiannya sendiri, karena siswa sudah harus siap segalanya ketika menginjak dunia luar nanti setelah lulus sekolah. Siswa-siswi SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah sudah mempunyai benteng yang kokoh untuk menghadapi dunia luar yang saat ini mulai tidak menentu, diharapkan agar lulusan SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah ini tidak terbawa arus yang tidak baik setelah lulus nanti dan sebaliknya lulusan SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah ini dapat membawa dampak yang baik di masyarakat kelak.
Pada tanggal 21 Juli 2012 para siswa sudah dapat memulai aktifitas KBM di kelas. Disini siswa tidak belajar secara penuh seperti biasanya, tetapi belajar setengah hari karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.  Kegiatan KBM pada hari biasa selain bulan Ramadhan biasanya dimulai sejak pukul 06.55 pagi sampai pukul 15.00 sore, dan dilanjutkan dengan ekstrakulikuler setelah melaksanakan sholat ashar. Namun pada bulan Ramadhan ini siswa memulai aktifitas KBM mulai pada pukul 06.55 pagi sampai pukul 12.15 siang dilanjutkan dengan sholat dzuhur berjama'ah di mesjid yang terdapat di kompleks SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah, setelah melaksanakan sholat dzuhur berjama'ah para siswa melanjutkan dengan tadarus Al-Qur'an lalu setelah selesai siswa dapat beristirahat sampai waktu ashar tiba.
Sholat ashar dilaksanakan secara berjama'ah dilanjutkan dengan tadarus Al-Qur'an beberapa saat, setelah itu siswa dapat bermain atau ngabuburit sambil menunggu adzan maghrib tiba. Biasanya siswa laki-laki bermain bola sambil menunggu adzan maghrib di lapangan yang terdapat di komplek SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah, dan siswi perempuan lebih banyak menghabiskan waktu di asrama untuk menunggu adzan maghrib tiba. Pada Ramadhan tahun ini siswa laki-laki mengadakan acara Gapruk Challenge untuk menghabiskan waktu menunggu maghrib, acara ini diselenggarakan atas kerja sama IPM cabang SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah dengan IPM ranting SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah. Gapruk Challenge adalah sepak bola dengan dimainkan oleh dua tim yang dipilih secara acak, yang dimana setiap timnya terdiri dari 7 orang yang bermain dan beberapa pemain cadangan. Pesertanya terdiri dari siswa SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah ditambah dengan ustadz-ustadz pembina yang dimasukkan secara acak pula, dengan demikian diharapkan permainan berlangsung secara fair dan tidak berat sebelah secara tim.
Acara Gapruk Challenge sendiri dilaksanakan dari tanggal 23 Juli 2012 sampai selesai, dengan acara ini diharapkan para siswa tidak jenuh dalam menunggu adzan maghrib. Setelah acara Gapruk Challenge selesai akan dilanjutkan oleh dengan acara tahunan yaitu Gema Ramadhan, disana siswa akan mengeluarkan bakat-bakat mereka. Merujuk pada tahun-tahun sebelumnya, acara Gema Ramadhan ini diselenggarakan oleh IPM cabang SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah dengan sekolah. Acara ini rencanya akan dilaksanakan pada tanggal 6-8 Agustus 2012, dengan diisi acara yang sangat bermanfaat bagi siswa salah satunya lomba adzan. Acara Pada tahun yang lalu acara Gema Ramadhan ini pula sempat diliput oleh salah satu stasiun televisi swasta-nasional SCTV  secara langsung yang pada saat itu pula bertepatan dengan HUT Negara kita tercinta Indonesia.
Acara Gema Ramadhan sendiri dilaksanakan oleh seluruh murid yang ada di SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah ini, dan rencannya akan ditutup pada tanggal 8 Agustus 2012 dengan acara buka bersama dengan seluruh warga Pesantren Amanah Muhammadiyah beserta alumni-alumni yang akan hadir serta meramaikan penutupan Gema Ramadhan ini. setelah acara ini selesai pada tanggal 8 Agustus 2012, pada besok harinya tepat tanggal 9 Agustus 2012 para siswa diperbolehkan pulang ke daerahnya masing-masing untuk menikmati libur Idul Fitri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar